Pemusnahan Barang Bukti di Kejaksaan Negeri Purworejo

Kejaksaan Negeri Purworejo melaksanakan pemusnahan sejumlah barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap (inkracht van gewijsde) Kamis, 21 Juli 2016 di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Purworejo.

Barang bukti yang dimusnahkan berupa Narkotika, Senjata Api, Uang Palsu, dan Miras. Barang Bukti tersebut berasal dari 19 perkara sejak awal tahun 2016. Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, ABD. QOHAR AF, S.H., M.H. dalam sambutannya menyatakan bahwa perlunya kehatian-hatian dalam menjaga dan menyimpan barang bukti, dan menyegerakan dalam mengeksekusinya jika barang bukti tersebut sudah berkekuatan hukum tetap terutama barang bukti Narkotika yang akan dilakukan pemusnahaannya.

dsc03124

Acara pemusnahan barang bukti tersebut juga dihadiri dan disaksikan oleh Bupati Purworejo, Kapolres Purworejo, Ketua PN Purworejo, Dandim 0708 Purworejo, Ketua DPRD Kab.Purworejo, serta para Jaksa dan Pegawai Kejaksaan Negeri Purworejo.Dalam acara tersebut barang bukti yang dimusnahkan berupa 30,218 gram shabu – shabu, 30 butir pil jenis, 2 tablet pil jenis riklona clorazeperm, 3 butir extacy, 1 senjata api genggam rakitan, 1 senjata api jenis pistol SIG Cal 9 mm Made in USA, 1 senjata air soft gun jenis pistol, Uang palsu sejumlah Rp.77.000.000,-, 800 botol miras berbagai merk, dan 1 jirigen berisi ciu 20 liter.

dsc03153

Barang bukti berupa Narkotika dan Psikotropika pemusnahannya dilakukan dengan cara melarutkannya ke dalam air, senjata api di potong menggunakan mesin grenda, uang palsu dibakar, sedangkan botol – botol miras dilindas dengan alat berat.. Kepala Negeri Purworejo bersama Kapolres dan Ketua PN Purworejo secara simbolis melarutkan shabu shabu ke dalam air. Pelaksanaan pemusnahan barang bukti berjalan lancar, aman tertib dan sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *